WAPALHI MENGIKUTI PELATIHAN SAR EMERGENCY COMUNICATION

FKP3 bersama BASARNAS JAWA TENGAH mengadakan Pelatihan Emergency Communication. Di Bumi Perkemahan Jatirejo. Kota Semarang. Pada 28-29 September 2024

Kegiatan ini adalah pelatihan lanjutan dari pelatihan manajemen posko SAR. Diikuti 54 peserta dari 43 komunitas SAR dari Kota Semarang dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor SAR Kota Semarang Budiono, SE, MM, mengatakan peran Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) yang berasal dari komunitas-komunitas relawan Kota Semarang dan sekitarnya, merupakan ujung tombak tambahan Basarnas, sehinga perlu dibina dan terus ditingkatkan skill-nya untuk membantu penanganan bencana.

" Pelatihan Emergency Communication ini baru pertama kali dilaksanakan yang di prakarsai FKP3 (Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan) Kota Semarang. Pelatihan ini bisa menjadi sarana silaturohim dan menyamakan persepsi ketika di lapangan atau operasi SAR." ujarnya saat pembukaan pada Sabtu (28/09/2024) pagi. 

Budiono menyoroti betapa Komunikasi menjadi sangat penting sekali dan paling utama dalam pelaksanaan operasi SAR. Penerapan komunikasi bukan hanya untuk kegiatan saat di darat saja melainkan bisa diterapkan juga didaerah perairan, seperti antara kapal yang berada di lautan dengan tim SAR gabungan yang berada di darat.

Emergency Communication ini bertujuan agar para potensi SAR bisa membantu proses pengendalian operasi yang dilakukan oleh Basarnas. Dimana Basarnas merupakan pusat pengendalian seluruh proses pencarian dan pertolongan. 

Budiono juga berharap hasil dari pelatihan Emergency Communication ini semua kalangan bisa saling bersinergi satu visi misi untuk kemanusiaan.

Senada, Koordinator Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Kota Semarang, Akim Wahyudi menuturkan semua pergerakan pada saat terjadi kebencanaan atau operasi SAR sangat tergantung pada komunikasi. 

"Komunikasi dibentuk untuk monitoring mobilitas dari berbagai unsur, mulai dari tim medis, logistik, pencarian dan pertolongan sampai dengan posko yang dipimpin oleh Basarnas," Kata Akim. 

Sebagai penutup laporan, Koord FKP3 Akim menjelaskan kegiatan pelatihan emergency communication adalah lanjutan dari kegiatan pelatihan manajemen posko SAR, di mana komunikasi sangat diperlukan demi membangun sinergi dan kolaborasi berbagai pihak dalam penanganan bencana.



https://semarang.basarnas.go.id/berita/pelatihan-komunikasi-darurat-fkp3-semarang-raya

https://wartapalaindonesia.com/kepala-kantor-sar-kota-semarang-komunitas-relawan-merupakan-ujung-tombak-tambahan-basarnas/?fbclid=IwY2xjawGEWUpleHRuA2FlbQIxMAABHSnLD_0BkG5BD6whf-VKJxRiyN9wzYKkOiBUe9h_uRhKlD4zEZItkL7pFw_aem_dGDODri1Dk2OqPrC1Lfwiw

PUBLIKASI WAPALHI POLINES
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Posko Damai Wapalhi
Jl. Galang Sewu Raya, Tembalang Semarang 50275 Gedung PKM Baru Polines Lantai 1
Email: posko.wapalhi@gmail.com
Website: www.wapalhi.com
Instagram: @Wapalhi.Semarang
Facebook: Wapalhi Semarang
Tiktok : WAPALHI SEMARANG

 

0 Comments