Wapalhi mengadakan pelatihan SAR selama 6 hari dg Basarnas Semarang

Untuk menunjang Pendidikan Lanjutan (Dikjut) tentang Search and Rescue Wapalhi Semarang mengadakan  pemantapan materi dan skill kemampuan  dengan narasumber Basarnas Semarang.

Kegiatan Dikjut ini bagian dari pendidikan dasar yg sdh dilaksanakan sebelumnya oleh Anggota Aktif, dan dilaksanakan selama 6 hari pada tanggal 1-8 Agustus 2024

Kegiatan Dikjut SAR selama 3 hari ini dilaksanakan secara teori materi kelas di sekretariat Wapalhi dan di kantor Basarnas Semarang. Sedangkan 3 hari berikutnya dilaksanakan secara dilapangan dg uji ketrampilan/skill baik kolam renang, waduk jatibarang dan Wall Basarnas.

Materi yang diajarkan oleh Basarnas selaku leading sektor dlm Search and Rescue (SAR) ada 3 pokok dasar yaitu SAR didarat (jungle rescue), SAR di air (water rescue) dan HART/vertikal rescue (hight angel rescue tehnik).

sedangkan untuk materi subtansi meliputi materi pengenalan Basarnas, MFR/RJP, penilaian dan penanganan korban, tali dan simpul, lifting dan lowering, RTRGT, navigasi darat,ascending discending, serta simulasi simulasi baik di kolam, waduk maupun ketinggian.

Dalam sesi penutupan pelatihan, Kepala Kantor Sar Semarang Bapak Budiyono,SE, MM menyampaikan pesan dan harapan " Semoga pelatihan SAR selama 6 hari ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan skill dan harapannya Wapalhi menjadi Potensi SAR yang sewaktu waktu dibutuhkan untuk membantu  bencana di Indonesia khususnya diarea Jawa tengah"



1 Comments