Tradisi Merapi 2015

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tradisi Merapi adalah salah satu agenda tahunan yang diadakan oleh UKM Wahana Pecinta Lingkungan Hidup (WAPALHI) Politeknik Negeri Semarang. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 1 – 3 Mei 2015 yang bertempat di Selo,Boyolali. Maksud dari diadakannya Tradisi Merapi sendiri adalah untuk melantik Kepala Suku WAPALHI periode 2015/2016 serta Anggota WAPALHI untuk kepengurusan ditahun yg sama. Pada tahun ini tradisi dilakukan secara intern yang dihadiri oleh Anggota Aktif, Anggota Muda, dan Alumni WAPALHI.

Terdapat serangkaian acara dalam Tradisi Merapi tahun 2015, antara lain edukasi di SD Negeri 2 Selo yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Mei 2015 yang bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Setelah melaksanakan upacara bendera, tim perintis melaksanakan tugasnya untuk memberikan edukasi mengenai cara memanfaatkan sampah secara efektif dan efisien dan cara menjaga lingkungan sekitar dengan benar. Setelah materi ruangan selesai tim perintis mengajak siswa sd untuk melakukan aksi dengan membersihkan lingkungan disekitar sd serta melakukan penanaman bersama. Siswa sd terlihat sangat antusias saat melakukan aksi bersih-bersih sekolah dan penanaman. Tak lupa panitia juga membagikan beberapa bingkisan untuk anak-anak sd setelah kegiatan aksi selesai. Kami juga memberikan sedikit sumbangan buku dan alat tulis yang telah dikumpulkan dari UKM, BEM, dan BPM Polines.

Suasana Edukasi dan Penanaman di SD Negeri 2 Selo

Suasana Edukasi dan Penanaman di SD Negeri 2 Selo

Suasana Edukasi dan Penanaman di SD Negeri 2 Selo

Acara inti berlangsung pada malam hari sekitar pukul 19.00 WIB setelah panitia dan peserta yang merupakan alumni/orang tua WAPALHI telah melakukan ISHOMA. Selanjutnya perkenalan dari orang tua WAPALHI dari angkatan tua sampai angkatan muda, anggota aktif WAPALHI, dan Anggota Muda. Tak lupa juga calon kepala suku memperkenalkan dirinya masing-masing,antara lain Tony Suharyanto, Ahmad Yusuf Karoma, Bayu Aditya Pratama, Juniadi Dwi Sasongko, dan M. farisul Haq. Lalu Kepala Suku WAPALHI, M. Ali Ja’far mempresentasikan Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan yang telah dilaksanakan selama kurun waktu kepengurusannya mulai dari program kerja yang dibuat, perlombaan yang diikuti oleh delegasi WAPALHI, kemenangan yang diperoleh dari perlombaan serta rincian dana selama pelaksanaan setiap kegiatan. Banyak kritikan dan masukan dari alumni mengenai kegiatan yang sudah dilaksanakan selama setahun lalu dan diharapkan bisa menjadi referensi untuk mengadakan kegiatan di kepengurusan kedepannya.

Acara selanjutnya yaitu sarasehan atau ramah tamah antar anggota dan alumni WAPALHI. Suasana kebersamaan terlihat jelas, tak ada sekat usia yang smembatasi obrolan pada malam itu. Kita semua membaur menjadi satu, yaitu WAPALHI. Para alumni pun tak sungkan untuk membagikan cerita-cerita yang dialaminya selama berada dalam WAPALHI. Anggota muda pun sangat antusias medengarkan pengalaman dari para tetua untuk menambah pengetahuan yang belum diketahui. Tak terasa waktu sudah semakin larut, para panitia bersiap untuk melakukan pendakian. Pukul 01.00 WIB tim leader memimpin pendakian menuju Gunung Merapi. Jalur yang akan dilalui dimulai dari New Selo – Gerbang – Waktu Belah (Pos 1) – Selo Kopo (Pos 2) – Pasar Bubrah (Pos 3). Pukul 02.00 WIB panitia dan beberapa menyusul, dengan menggunakan senter kami menembus gelapnya langit di pagi hari serta medan yang kian menanjak. Kira-kira butuh waktu 3-4 jam untuk bisa sampai di pasar bubrah.

Upacara Pelatikan Kepala Suku dilakukan di Pasar Bubrah pukul 08.00 WONG. Dimulai dengan pembacaan Kode Etik Pecinta Alam oleh saudara Robinson Nasution dan diikuti oleh peserta upacara. Lalu pembacaan Surat Keputusan oleh saudara David. Menetapkan saudara Bayu Aditya Pratama dengan NIA W.13.518.WB sebagai Kepala Suku WAPALHI Periode 2015/2016. Kepala Suku WAPALHI yang baru dipersilahkan untuk memberikan pidato singkatnya dihadapan alumni dan anggota WAPALHI dan dilanjutkan dengan pemberian selamat dari semua peserta upacara.

Bayu Aditya Pratama sebagai Kepala Suku periode 2015/2016

Bayu Aditya Pratama sebagai Kepala Suku periode 2015/2016

Selanjutnya yaitu pembacaan Surat Keputusan oleh Adhiansyah Setia Nugroho selaku Ketua Pendidikan Dasar 28. Menetapkan 14 nama yang dilantik sebagai Anggota Penuh WAPALHI tahun 2015 dengan nama angkatan, “Adhyāpaka Jňanawiçesa” yang artinya “Guru Ilmu Pengetahuan yang Tinggi” yang kemudian disingkat “AJ“. Berdasarkan nia, urutannya antara lain : Sukindar Catur Nugroho, Aodea Putri Rusdiana, Siti Dwi Lestari, A.K Chandra nugroho, Eka Ruliana, Yuliana Dwi Anggraeni, Fifi Nuzulia, Agus Lestari, Sholikadin Atlantara, Iben Zani Kurniawan, Nuning Ika Desti, Paramitha D, Novie Dyah Rachmawati, dan Rizkian Ancar Santoso.


aj

Adhyāpaka Jňanawiçesa

Setelah dilakukan penyematan slayer WAPALHI, peserta upacara membentuk lingkaran yang disebut dengan Lingkaran Doa. Disitu kami menyanyikan 3 buah lagu, yaitu Syukur, Padamu Negeri, dan Mars WAPALHI. Setelah itu kami berkumpul menjadi satu dan memanjatkan doa bersama. Pukul 09.00 WIB upacara pelantikan selesai dan acara selanjutnya adalah foto-foto bersama. Pukul 09.30 panitia dan alumni mulai beranjak untuk turun. Perjalanan turun ditempuh kira-kira 3 – 3,5 jam.

Lingkaran Doa

Lingkaran Doa

Setelah sampai basecamp dan membersihkan diri, kami beristirahat sejenak dan makan siang pun sudah menanti. Setelah beberapa jam beristirahat, pukul 15.00 WIB kami melaksanakan upacara penutupan Tradisi Merapi 2015. Pukul 15.30 kami bersiap untuk perjalanan pulang menuju Semarang menggunakan truk. Beberapa dari alumni sudah ada yang pulang, sehingga truk di dalam truk tidak terlalu banyak. Sekitar jam 19.00 WIB truk kami tiba di Polines dengan selamat. Beberapa panitia yang tidak berada dalam truk pun sudah terlebih dahulu pulang. Setelah membersihkan logistik-logostik yang dibawa kami pun berkemas untuk pulang ke rumah masing-masing.

 

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *