Kenal Medan Gunung Hutan

gh3 facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

 

twkm

Pada TWKM ke-29 ini, Tujuan tempat dari KM GH adalah Gunung Gede Pangrango, Bogor.

Setelah Pembukaan selesai, untuk selanjutnya dilakukan pemisahan antara peserta TW dan KM. Peserta KM juga dipisah antara divisi satu dengan divisi yang lain. Kemudian diberikan koordinasi khusus untuk TW atau KM yang diikutinya.

gh3
Senin 23 Oktober 2017
, adalah hari pertama dimulainya TWKM ke-29, pembukaan TWKM dilaksanakan di Gedung Graha Insan Cita, Jakarta.

gh4

Untuk KM GH, koordinasi awal pemberangkatan dilakukan pada pukul 14.00,  dan pemberangkatan pada pukul 16.00. Jadwal Untuk KM GH adalah

No. Hari, tgl Acara
1. Senin, 23 Oktober 2017 Upacara Pembukaan, Pemberangkatan ke Ground Camp Bobojong, dan materi Diforestasi
2. Selasa, 24 Oktober 2017 Materi SAR dan Navigasi Darat
3. Rabu, 25 Oktober 2017 Simulasi SAR
4. Kamis, 26 Oktober 2017 Pemberangkatan pendakian Gunung Gede
5. Jumat, 27 Oktober 2017 Persiapan pulang dari Gunung Gede ke Universitas Bung Karno
6. Sabtu, 28 Oktober 2017 Upacara penutupan

 

Tujuan pertama dari KM GH adalah Camp Ground Bobojong, Bogor. Dengan menggunakan Bus dan angkot. Peserta KM GH sampai di Camp Ground pada pukul 19.00, kemudian dilanjutkan dengan pendirian tenda, lalu Istirahat dan makan.

Kemudian dilanjutkan materi pada pukul 21.00-22.00, materi pertama pada malam itu adalah Diforestasi (Kerusakan Hutan) di Indonesia.

gh6

Di materi itu, peserta dapat berdiskusi mengenai kerusakan hutan, juga dapat mengangkat kasus-kasus yang timbul di daerah masing-masing peserta mengenai masalah lingkungan hutan. Di dalam materi itu, peserta diberi kesadaran mengenai krisis dan pentingnya hutan hijau untuk kehidupan bumi.

Setelah materi selesai, dilanjutkan untuk istirahat dan tidur. Untuk tempat bermalam/tidur, peserta menggunakan tenda yang telah dibawa oleh masing-masing peserta.

Selasa, 24 Oktober 2017, adalah hari kedua TWKM ke-29.

gh15

Di dalam KM GH ini, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok biasanya terdiri dari 15 orang. Total peserta TWKM ke-29, untuk KM GH adalah 102 peserta

Pada hari kedua, peserta mendapatkan materi SAR (Search And Rescue) dan Navrad ( Navigasi Darat). Di dalam materi itu peserta dikenalkan dengan pengertian SAR, Teknik-teknik SAR, manajemen SAR, teknik untuk Navrad , dan juga ada sesi tanya jawab.

gh7

Rabu, 25 Oktober 2017. Dilakukan latihan untuk praktek SAR. Berbekal ilmu yang telah diajarkan pada hari kedua. Peserta diberikan sebuah kasus untuk melakuakn SAR. Didalam Simulasi itu, peserta dibagi-bagi menjadi berbagai tim sesuai dengan manajemen SAR. Kemudian mencari korban yang hilang di sekitar kaki gunung Gede. Simulasi SAR dilaksanakan dengan antusias yang tinggi dari peserta. Dimulai dari mencai titik koordinat, menyusuri jalur-jalur di kaki Gunung Gede, menemukan baraang tercecer dari korban, ditemukan korban, sampai akhirnya dilakukan PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat) dan evakuasi pada korban.

gh10

gh8

gh9

Kamis, 26 Oktober 2017. Kemudian pada hari keempat tibalah waktunya untuk acara utama, yaitu Pendakian Ke Gunung Gede. Pendakian dimulai pada pukul 10.00, mulai dari ground camp bobojong, tujuan pertama adalah pos basecamp pendakian gunung putri. Jalur yanng akan dilewati bernama jalur gunung putri. Butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai di sana. Di pos  basecamp pendakian gunung putri, seluruh peserta diberi arahan untuk pendakian dan dilakukan doa bersama.

INFORMASI GUNUNG GEDE PANGRANGO
Nama               : Gunung Gede dan Gunung Pangrango
Ketinggian      : Gunung Gede (2.958 mdpl), Gunung Pangrango (3.019 mdpl)
Lokasi             : Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Pengelola         : Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP)
Alamat                        : Jl. Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat 43253, Indonesia
Telp/fax           : +62 263 512776
Tel/Fax            : +62-263-519415 [booking]
Email               : [email protected] [office] | [email protected] [booking]

gh11

Pada jalur Gunung putri terdapat lima pos pendakian, yaitu :

  1. Legok Leunca
  2. Buntut Lutung
  3. Lawang Sekateng
  4. Simpang Maleber
  5. Alun-alun Surya Kencana

Pendakian Gede Pangrango Via Gunung Putri

pos Legok Leunca (pos selamat datang)

Perjalanan awal berangkat dari basecamp sampai pos pertama yaitu Legok Leunca (artinya=selamat datang) memakan waktu 1 jam perjalanan. Trek awal didominasi oleh perkebunan dan sawah-sawah, jalan masih datar agak menanjak, kemudian trek batu-batuan.

  1. Legok Leunca – Buntut Lutung (1,5jam)

Selanjutnya menuju pos Buntut Lutung memakan waktu 1,5 jam. Di jalur Gunung Putri tidak ditemui sumber air. Perjalanan menuju pos Buntut Lutung semakin berat.

gh12

  1. Buntut Lutung – Lawang Sekateng (1,5jam)

Dilanjutkan menuju pos Lawang Sekateng, di jalur ini bisa dibilang jalur paling berat selama perjalanan mendaki gunung Gede Pangrango via jalur Gunung Putri. Trek yang terus menanjak dan tanpa bidang datar sekalipun. Dipenuhi bebatuan dan akar-akar pohon yang lebat.

gh13

  1. Lawang Sekateng – Simpang Maleber (1,5jam)

Selanjutnya perjalanan masih juga berat. Trek menanjak dan kanan-kiri pepohohan rimbun khas Jawa Barat. Menuju pos Simpang Maleber membutuhkan waktu perjalanan 1,5 jam.

  1. Simpang Maleber – Alun-alun Surya Kencana Timur (1jam)
    Dari Simpang Maleber sejam kemudian kita akan bertemu dengan Alun-Alun Surya Kencana. Nah, di sinilah semua rasa lelah dan letih para pendaki akan terbayar lunas.

gh14

Alun-Alun Surya Kencana adalah lahan yang luas dan datar.Di sekitarnya ditumbuhi Bunga Edelweiss, dan rerumputan sepanjang mata memandang. Di tempat inilah favorit pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam. Di sini juga terdapat sumber air yang dapat dimasak dan diminum. Disini peserta dan panitia KM GH mendirikan tenda dan bermalam.

Jumat,27 Oktober 2017. Setelah istirahat, bermalam, masak dan juga makan di Surya Kencana, agenda hari ini adalah pendakian menuju puncak Gunung Gede.

  1. Alun-alun Surya Kencana – Puncak Gunung Gede (30 menit)

Puncak Gede dan Pangrango

Dari alun-alun menuju puncak Gede bisa dicapai dalam 30 menit sampai 45menit.

Setelah puas menikmati keindahan alam dari puncak Gunung Gede, seluruh peserta dan panitia turun, dan bersiap-siap untuk pulang. Setelah packing, perjalanan pulang pun dimulai.

Berjalan kaki, naik angkot, dan naik bus, akhirnya kita sampai di Universitas Bung Karno pada jam dua belas malam. Kemudian dilanjutkan istirahat tidur.

gh15

Sabtu, 28 Oktober 2017. Setelah Istirahat dan menginap di Universitas Bung Karno, di sini juga pusat berkumpulnya seluruh peserta TWKM. Kemudian peserta TWKM bersiap-siap untuk pulang. Akhirnya kegiatan TWKM diakhiri dengan Upacara penutupan pada sore hari. Selesai.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *