Eksplorasi Goa Pledangan, Purworejo

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pagi menyambut kami. setelah hari sebelumnya kami menyelesaikan 2 gua target kami hari ini dua gua lagi harus tercapai, 1 horisontal 1 vertikal. Gua pledangan adalah salah satu gua vertical yang terletak di Kali Gesing, Purworejo.Kedalaman gua ini berkisar 17m.
 DSCF6443
Ini merupakan gua vertical yang akan kami eksplor. Tim kami terdiri dari aku sendiri, Erwin, Aditya, Budi, Rizky dan Andi. Plan pertama aku yang jadi ragingman, tapi Erwin menggantikan ku. Erwin membutuhkan waktu 2 jam untuk menyelesaikan ancor dan mencoba jalur, Sebenarnya ancor untuk gua ini lumayan mudah karena di depan dan atas mulut gua terdapat pohon besar yang dapat di ambil untuk ancor. Mungkin untuk teman teman yang akan masuk ke gua ini dapat mengambil ancor utama pada pohon yang terletak persis di atas mulut gua, dan menambahkan 1 deviasi agar jalur lebih mudah untuk dilewati.
DSCF6457Setelah masuk kedalam gua, mata kami termanjakan dengan gordam raksasa yang begitu indah. Gordam yang putih dan mengkilat ini menjulang tinggi di depan kami.
 DSCF6490
 Dan bawah, aku di hadapkan pada percabangan gua. Sembari menunggu semuanya masuk ke dalam gua, aku memulai eksplor area sekitar agar mengetahui peralatan tambahan apa yang diperlukan. Aku mengambil jalur kanan. Terdapat aliran air dari atas di jalur ini. Didepannya terdapat pitch, aku tidak dapat memperkirakan berapa kedalamannya akan tetapi mendengar suara air yang di timbulkan,diperkirakan  pitch ini cukup dalam.
 DSCF6496
 DSCF6522
Setelah semuanya masuk ke dalam gua, kami memulai eksplor gua pledangan ini. Jalur yang pertama kami ambil adalah jalur yang terletak di kanan kami, kami menemukan beberapa ornamen yang cenderung mati dan percikan air dari atas gua yang cukup deras. Setelah sampai di pitch yang saya lihat, kami memutuskan untuk berbalik arah. Pitch yang kami hadapi merupakan pitch yang cukup dalam dan terdapat aliran air.Kami melanjutkan dengan menggambil jalur di sebelah kiri kami. Jalur dapat di lewati dari bawah dengan merangkak atau melalui atas dengan memanjat terlebih dahulu. Kurang lebih panjangnya sama dengan jalur sebelah kanan kami menemukan pitch , kali ini 2 pitch karena jalurnya bercabang. Kami mendapati stalaktit yang seperti kendang di sini, stalaktit itu akan mengeluarkan bunyi ketika di pukul.
Setelah puas bereksplor dan mengambil beberapa foto, kami putuskan untuk  kembali kepermukaan tanah. Saat aku naik dengan metode SRT , aku mendapati sebuah batu besar berbentuk bulus di sela sela dinding gua. Seketika aku menjadi takut karena seolah olah bulus itu menatapku. Setelah sampai permukaan tanah terasa sangat lega sekali. Sempat bertanya ke rekan lain mereka tidak ada yang melihat bulus itu sama sekali, namun ada salah satu senior kami yang mengiyakan kalau memang ada batu bulus disini, itu membuat saya berpikir positif.
SALAM SPELEO…
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

2 Responses to Eksplorasi Goa Pledangan, Purworejo

  1. agung says:

    Maha suci Allah.

  2. Budi says:

    Mangstafghz… d^^b

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *