Cahaya Surga Goa Jomblang

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Sebagai pemantapan materi dan latihan langsung di lapangan, divisi Susur Goa Wahana Pecinta Lingkungan Hidup (WAPALHI) Politeknik Negeri Semarang mengadakan latihan susur goa di Goa Jomblang yang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul.

Rombongan berangkat dari Semarang pukul 20.10 WIB pada 12 Juni 2015 menuju Gunungkidul, kami terdiri dari 11 orang 2 sudah berangkat lebih dulu pukul 14.30 WIB sebagai porter dan tim perintas, 6 orang berangkat malam hari dan 3 orang berangkat  hari Sabtu 13 Juni 2015. Perjalanan ditempuh menggunakan sepeda montor, pukul 21.50 kami samapi di chek point pertama di SPBU Magelang, kami beristirahat sebentar. Pukul 22.30 WIB kami melanjutkan  perjalanan kami menuju chek point selanjutnya. Pukul 01.30 WIB 13 Juni 2015 kami sampai chek point kedua di SPBU sebelum Wonosari, kami beristirahat di masjid SPBU tersebut.

Sabtu 13 Juni 2015 pukul 04.00 WIB kami mulai bangun dan melakukan sholat subuh, pukul 05.00 WIB kami melanjutkan perjalanan kami menuju Gunungkidul, Pukul 06.00 WIB kami sampai rumah Pak Kadus Jetis Wetan sebagai tempat basecamp kita di Gunungkidul. Sampai rumah Pak Kadus kami disambut oleh rekan kami 2 orang yang sudah sampai lebih dulu dan disambut oleh Pak Kadus, di sana kami dijamu teh hangat. Setelah itu kami bagi tugas yang lain melakukan persiapan alat untuk susur goa dan yang lain membantu Ibu Kadus untuk menyiapkan makanan. Pukul 07.00 WIB kami melakukan sarapan, setalah sarapan 2 orang dari kami berangkat duluan menuju goa Jomblang, sedangkan yang lain melakukan packing. Pukul 08.00 WIB yang masih ada di basecamp melakukan mobilisasi menuju goa Jomblang, ada personil yang masih berada di basecamp untuk menyampaikan surat pemberitahuan ke POLSEK Semanu.

Pukul 08.15 WIB Rigging woman dan assistant rigging melakukan melakukan set alat dan menyiapkan alat yang akan digunakan untuk rigging. Pukul 09.15 rigging woman mulai melakukan rigging, sebelum melakukan rigging,  personil  melakukan doa terlebih dahulu agar kegiatan  lancar dan semua personil  sehat. Kami memasuki goa Jomblang dengan kedalaman kira-kira 80 meter berbentuk vertical. jalur dibuat dengan  menggunakan 3 anchor, 1 anchor  sabagai anchor utama dan 2 anchor sabagai backup, dan membuat anchor simpul Y di dua pohon depan mulut goa, serta membuat pengaman webbing yang dilakukan oleh assisten rigging. Setelah membuat anchor simpul Y, terdapat batu didekat simpul Y sehingga menyebabkan friksi pada carmentel sehingga diberi padding agar tidak friksi. Setelah beberapa meter dari simpul Y terdapat batu pada mulut goa. Pada carmentel yang terkena batu diberi padding 2 dengan jarak beberapa cm.dan pada entrance mulut goa yang terdapat batu diberi MMT bekas dan sebuah matras. Setelah itu carmentel lurus tidak ada deviasi atau intermediate.

IMG-20150629-WA0001

Proses Rigging

Setelah  mengalami hambatan dan kesulitan saat rigging, pukul 11.50 WIB rigging woman selesai membuat jalur. Pukul 12.10 WIB assisten rigging  mulai memasuki goa  dan dilanjutkan oleh player kedua dan ketiga. Saat player keempat bersiap memasuki goa, personil yang ada di dalam goa mulai melakukan explore goa, di sana mereka melihat tumbuhan yang menghiasi mulut goa dan yang ada di dalam goa, mereka melihat hewan berupa  ular dan tikus. Di dalam goa Jomblang kami mulai memasuki goa horisontal yang terhubung dengan entrance Goa Grubug dimana terdapat cahaya surge yang berasal dari cahaya yang memasuki celah-celah pada entrance Goa Grubug. Di dalam goa menuju cahaya surga terdapat lampu dan AC yang disediakan oleh pengelola untuk para wisatawan. Setelah sampai di cahaya surga kami melihat di bawah ada sungai yang mengalir dan alirannya deras. Dan kami melihat pemandangan yang menakjubkan berupa Cahaya surga yang menurut kami, kami hanya dapat menyaksikan di goa Jomblang.

Proses Masuk Goa

Player Membawa Bendera WAPALHI di Bawah Cahaya Surga

Setelah puas melihat cahaya surga kami memutuskan untuk kembali dan player keempat mulai masuk dan dilanjutkan oleh player kelima. Setelah player kelima turun ada player  yang mulai naik, dan dilanjutkan oleh player selanjutnya. Pukul 18.30 WIB player yang didalam goa mulai naik keatas dan dilanjutkan yang lain.pukul 21.00 WIB player sudah naik keatas semua. Pukul 21.30 WIB selesai melakukan cleaning lalu kami melakukan packing pukul 22.00  dan kami kembali ke basecamp untuk membersihkan badan dan menata alat-alat. Pukul 22.30 WIB kami makan malam dan dilanjutkan dengan evaluasi dan briefing dan dilanjutkan dengan untuk menata alat unuk melalukan rigging di goa Jomblang dengan kedalaman 25 metrer dan dilanjutkan dengan istirahat tidur.

Minggu 14 juni 2015 pukul 04.00 WIB sebagian dari kami mulai bangun dan dilanjutkan dengan  melakukan packing. Pukul 05.00 WIB 2 orang berangkat duluan menuju goa Jomblang untuk melakukan rigging. Pukul 05.45 sebagian dari kami menuju ke area goa Jomblang untuk membuat basecamp dan membawa alat yang belum dibawa. Dan 3 orang dibasecamp untuk menunggu sarapan. Pukul 07.00 WIB rigging woman mulai melakukan rigging  di gu Jomblang dengan kedalaman 25 meter dan dibantu oleh assisten rigging.pukul 10.45 rigging woman selesai melakukan rigging.assisten rigging sebagai player pertama mulai memasuki goa dan dilanjutkan oleh player kedua  dan selanjutnya, yang memasuki goa sebanyak 6 orang. Pukul 12.45 kami mulai melakukan explore goa dan mendapatkan cahaya surge dengan view tebaik. Pukul 13.00 WIB kami mulai naik menuju permukaan atas goa dan kembali  ke peradaban. Pukul 15.30 WIB semua player sudah naik dan cleaning sudah selesai.pukul 16.00 WIB kami melakukan packing dipermukaan goa Jomblang di basecamp.pukul 17.00 WIB kami kembali menuju basecamp atau rumah pak KADUS  untuk melakukan bersih-bersih badan dan dilanjutkan dengan packing. Pukul 18.30 telah selesai melakukan packing dan kami bersiap untuk kembali menuju Semarang,sebelum kembali ke Semarang kami melakukan pamitan kepad pak KADUS dan Bu KADUS.pukul 19.10 kami berhenti di jalan untuk mengisi perut sekalian melakukan malam malam.pukul 00.17 kami sampai di Semarang dengan selamat.