previous arrow
next arrow
Slider

APA SAJA ALAT – ALAT YANG DIGUNAKAN SAAT KEGIATAN CAVING (SUSUR GUA)?

APA SAJA ALAT – ALAT YANG DIGUNAKAN SAAT KEGIATAN CAVING (SUSUR GUA)?

Caving berasa dari kata cave yang artinya gua, namun orang yang menelusuri gua disebut caver. lalu caving dapat disimpulkan sebagai aktivitas penelusuran gua.

Saat berkegiatan caving atau susur gua tentunya dibutuhkan alat – alat untuk menunjang kegiatan tersebut dan tentunya agar kegiatan aman.

Alat – alat yang digunakan saat caving adalah:

  1. Tali Carmentel

Biasanya yang digunakan pada saat caving adalah jenis tali carmentel dinamis yaitu tali dengan kelenturannya mencapai 5-15 % dari berat maksimum yang diberikan. Sifatnya lentur dan fleksibel. Biasanya berwarna mencolok.

Tali carmentel ini biasanya digunakan pada saat meneulusuri gua dengan jenis vertical

  1. Alat penerangan atau headlamp

Alat ini sangat vital untuk digunakan mengingat kondisi di dalam gua selalu gelap.

Dianjurkan membawa penerangan lebih dari 1 (satu)

  1. Helm Speleo

Selama di dalam gua, kepala sangat berpeluang terbentur langit-langit gua atau terkena hantaman batu. Untuk melindungi cidera kepala akibat benturan, gunakan helm yang dirancang khusus untuk kegiatan susur goa.

Biasanya helm untuk caving pada bagian depannya dilengkapi dengan lampu penerangan

  1. Coverall

Coverall merupakan pakaian khusus untuk caving yang berguna untuk menghindari tubuh dari gesekan dan mempertahankan suhu tubuh ketika berada di dalam gua berair. Bagian atasan dan bawahan tergabung menjadi satu, dan memiliki lengan panjang. Baju ini biasanya terbuat dari bahan parasut yang tidak terlalu tebal, namun dibagian tertentu dibuat lebih tebal agar bisa melindungi tubuh terutama yang sering terkena gesekan.

  1. Chest Harness

digunakan di bagian dada. Fungsi dari chest harness adalah untuk menopang badan dan membuat pemakai dalam posisi tegap. Biasanya digunakan pada saat memasuki gua vertical.

  1. Oval Mr

Digunakan ditengah chest harness untuk menghubungkan delta mr dengan croll. Biasanya digunakan pada saat memasuki gua vertical.

 

  1. Delta Mr

Digunakan pada harness avanty fungsinya untuk menghubungkan harness letaknya pada bagian tengah harness avanty. Biasanya digunakan pada saat memasuki gua vertical.

  1. Croll

Merupakan alat ascender yaitu alat yang digunakan untuk naik yang dikaitkan dengan chest harness dan oval mr. Biasanya digunakan pada saat memasuki gua vertical.

  1. Jumar

Merupakan alat ascender yang digunakan untuk membantu menaiki lintasan tali. Alat ini akan mengunci secara otomatis ketika diberi beban, dan melonggar ketika beban tersebut diangkat. Biasanya digunakan pada saat memasuki gua vertical.

  1. Harness Avanty

Harness ini dipakai pada paha Fungsinya apabila pemakai terjatuh, atau tergantung maka hentakan akan diteruskan pada tubuh yang kuat yaitu paha. Biasanya digunakan pada saat memasuki gua vertical.

  1. Auto stop

Alat ini merupakan alat descender digunakan untuk turun, alat ini dikaitkan dengan tali carmentel.  Bentuknya ada tuasnya yang apabila tuas ditekan maka akan turun, tuas tersebut untuk mengatur kecepatan saat turun. Tetapi ada juga yang tidak ada tuasnya artinya tidak bisa mengatur kecepatan Namanya simple stop. Biasanya digunakan pada saat memasuki gua vertical.

  1. Carabiner

Carabiner adalah sebuah cincin yang berbentuk oval atau huruf D, dan mempunyai gate yang berfungsi seperti peniti

  • Carabiner Screw Gate (menggunakan kunci pengaman).
  • Carabiner Non Screw Gate (tanpa kunci pengaman).
  1. Potongan carmentel

Tali yang kita gunakan untuk simpul prusik. Biasanya disimpul dan biasanya juga digunakan untuk membuat cowsteal

  1. Webbing

Biasanyaa digunakan untuk membuat chest harness, foot loop dan membuat anchor dan lain – lain.

  1. Sepatu Boots

Karena banyak medan goa berair, sebaiknya sepatu yang digunakan adalah sepatu boot karet. Sepatu ini selain melindungimu dari genangan air juga akan melindungimu dari bebatuan.

  1. Baju Pelampung

Digunakan pada gua yang terdapat air pada intensitas ysng tinggi. Pelampung dapat mengurangi resiko tenggelam saat melakukan penelusuran gua.

Nah itulah alat – alat caving atau susur gua , yang utama dalam kegiatan tau susur gua caving yaitu keamanan dan keselamatan. Lihat keadaan gua terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan.

One thought on “APA SAJA ALAT – ALAT YANG DIGUNAKAN SAAT KEGIATAN CAVING (SUSUR GUA)?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *